Jumat, 08 Februari 2019

Mitos dan Fakta Seputar Penanganan Penyakit pada Anak





Ketika anak yang masih di bawah usia satu tahun demam, pernah tidak pembaca mendapat tanggapan dari keluarga atau tetangga seperti ini, "Ah... itu mah sumeng karena mau tumbuh gigi itu.." atau "Tenang saja... diarenya karena mau tambah pinter/bisa nya..." Apa pernah...?
Sebagai orang tua yang belum berpengalaman, mungkin mendapat masukan seperti kalimat di atas malah membuat jadi bingung. Apa benar seperti itu...? Tidak jarang pula para ibu panik ketika anak menunjukkan suatu gejala penyakit. Padahal seharusnya alih-alih panik, Ibu harus sigap dalam melakukan tindakan pertolongan pertama pada anak sakit. Ibu justru harus tenang dalam berpikir dan bertindak agar penyakit anak tidak semakin parah.
Untuk menentukan sikap, tentunya para orang tua membutuhkan referensi mengenai penanganan penyakit pada anak.
Beberapa mitos dan fakta yang seringkali keliru saat mengambil tindakan pertama pada anak dan perlu dicermati orang tua :
1. Terlambat Jalan
Mitos : Karena Anak lebih dulu bicara
Fakta : Kedua hal ini tidak berhubungan. Jika anak terlambat jalan, berarti kemampuan motorik dan keseimbangannya yang kurang baik.
Namun demikian, tidak perlu terlalu panik jika anak kita tumbuh kembangnya terlihat berbeda dibanding anak seusianya. Menurut dr. Herlina Sp. A, mengetahui faktor genetik dan stimulasi yang sesuai untuk perkembangan motorik anak sangat diperlukan. Selain iut perlu dikonsultasikan kepada dokter ahli guna mendapat penanganan yang tepat.
2. Demam
Mitos : Kompres air es
Fakta: Justru Kompres dengan air hangat, karena kompres air es justru meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, harus diberi cukup cairan agar tidak dehidrasi.
3. Kejang Demam
Sebagian besar kejang demam pada bayi usia 6 bulan hingga anak umur 5 tahun. Sejumlah orang tua percaya bahwa kopi dapat mencegah kejang. Namun, tidak disarankan untuk memberikan kopi kepada anak karena metabolisme tubuh anak belum sempurna. Ekskresi kafein pada anak lebih lambat, sehingga efeknya bekerja lebih lama di tubuh.
4. Gondongan
Mitos: Diobati dengan blau
Fakta: Gondongan disebabkan oleh virus. Diobati berdasarkan gejala yang ada, istirahat di rumah, dan diberi vitamin.
Saat menghadapi anak sakit, sangat penting bagi para orang tua untuk segera mengkonsultasikan kondisi anaknya kepada tenaga media yang terpercaya. Jangan mudah percaya pada mitos atau kata orang awam.
Jika memang belum memungkinkan untuk langsung ke layanan kesehatan, orang tua dapat mengunjungi website kesehatan terpercaya misalnya mayoclinic.org dan sebagainya.

Tidak ada komentar: